Rabu, 13 Januari 2010

Pendalaman Materi

Ujian Nasional tinggal menghitung hari atau jika mengambil judul buku pendalaman materi "Detik-Detik Menuju Ujian Nasional". Terlepas dari setuju tidak setuju, kami tetap dihadapkan pada satu kepastian: Ujian Nasional tetap diselenggarakan Maret 2010. Nah, Pendalaman Materi adalah rangkaiannnya.

Dulu. Pendalaman Materi di sekolah saya dinamakan Pengayaan. Oleh para guru diplesetkan menjadi...Penganiayaan. Ya menganiaya anak dan guru sekaligus. Kalau Anda mengajar di sekolah yang serba kecukupan, input siswa bagus, daya dukung bagus, pendalaman materi pasti bukan masalah untuk Anda dan siswa (I hope so). Tapi bagi sekolah kami, saat pendalaman materi benar-benar seperti menganiaya. Anak-anak kami kebanyakan berasal dari daerah minus. Uang saku mereka sangat terbatas bahkan dapat disebut kurang, karena lewat tengah hari biasanya sudah tak ada uang. Maka, seringkali kami hadapi siswa yang tak lagi dapat berkonsentrasi pada pendalaman materi karena lapar.Guru pun teraniaya secara nurani. Kami tahu kondisi anak-anak, tapi kami sulit berbuat banyak.

Pendalaman materi kadang berjalan begitu apa adanya sehingga sasarannya adalah target waktu. Waktu tryout 1. tryout2, ujian semester, dan UN tentunya. Karena targetnya waktu, maka lihatlah, beberapa hari pelaksanaan guru sudah menurun kondisi fisiknya (mengajar dari pagi ditambah pendalaman materi). Adakah penguasaan siswa pada materi yang akan diujikan menjadi lebih dalam? Helaan napas menjadi jawabnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar