Senin, 26 Desember 2011

TIMBANGAN BUKU

Judul : Mengenal Penelitian Tindakan Kelas
Pengarang : Wijaya Kusumah dan Dedi Dwitagama
Penerbit : Indeks
Tahun Terbit : 2011
Jumlah halaman: 472

Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) merupakan salah satu bentuk karya ilmiah yang dapat dibuat oleh guru dalam pengembangan kompetensinya. Bahkan, Depdikbud menerapkan kebijakan pada tahun 2012 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menjadi salah satu bentuk karya tulis ilmiah yang menjadi persyaratan kenaikan pangkat guru. Dampaknya, segala hal tentang PTK menjadi sangat penting belakangan ini.

Buku yang dapat menjadi salah satu acuan bagi guru yang ingin melakukan PTK ini memiliki 11 bagian . Beberapa bagian ditulis dengan tujuan memotivasi guru untuk melakukan PTK, yaitu bagian 1. Alasan Guru Takut Melakukan PTK, 3. Manfaat PTK bagi guru. Berbeda dengan buku sejenis yang lainnya, kedua bagian tersebut terasa ditulis bedasarkan pengalaman pribadi penulisnya yang juga berprofesi sebagai guru, sehingga isinya mengena dan tidak mengada-ada .

Sembilan bagian yang lainnya merupakan rangkaian petunjuk teknis melakukan PTK. Diawali dengan Definisi Penelitian Tindakan Kelas, Model PTK, Persiapan PTK, Langkah-langkah PTK, Pembuatan Proposal PTK, Pengumpulan data PTK, Validitas penelitian, Syarat Keberhasilan, dan Penutup. Penulis terasa ingin betul membuat segala hal mengenai PTK ini dipahami secara gamblang. Bahasa yang ringkas, ringan, dan ilustrasi memang membantu pembaca dalam memahami isi buku. Sayangnya, ada pengulangan yang agak mengganggu kelancaran membaca pada bagian yang mengulas definisi dan model PTK.

Buku ini memiliki keunggulan dibandingkan buku mengenai PTK yang lain yaitu adanya contoh PTK yang telah teruji validitasnya karena telah memenangkan lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran pada Tahun 2008 dan Laporan PTK Pendidikan Luar Biasa. Selain itu disertakan pula contoh proposal PTK, dan contoh PTK yang digunakan sebagai syarat kenaikan pangkat. Tentu saja contoh-contoh tersebut tidak disertakan dengan tujuan untuk dicopy paste melainkan sebagai penjelas dari teknis yang telah dibahas. Pada bagian akhir, buku ini juga menyertakan PP No 74 Tahun 2008 tentang guru. Sebuah upaya sosialisasi PP yang patut dihargai.

Penelitian Tindakan Kelas merupakan sebuah penegasan atas kompetensi guru, karenanya guru sebagai pembelajar abadi patut memperoleh pemahaman yang jelas mengenai hal tersebut. Buku ini mungkin merupakan salah satu sarana menuju ke pemahaman dan akhirnya Penelitian Tindakan Kelas yang berkualitas.

Jakarta, 26 Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar